" Selayang Kata "
Salam jumpa buat para pengunjung blog pribadi saya. Blog ini saya pergunakan sebagai sarana belajar dan berbagi pengalaman dalam segala bidang dengan Anda semuanya yang lebih pandai, lebih pintar, lebih mampu dan lebih segalanya dari saya. Segala koreksi, masukan, komentar serta kritik yang membangun sangat saya harapkan Anda berikan untuk kemajuan blog ini. Tak lupa saya ucapkan banyak terima kasih atas kunjungan Anda untuk mampir di blog yang masih banyak kekurangan ini.


Salam,
Blogger

Selasa, 08 Desember 2015

Kreasi Kipas Angin Mini dari Rosokan Komputer

Hawa udara lagi gerah nih sob ,,, apalagi pas gak ada kipas angin, gak nyaman banget jadinya. Kebetulan di rumah ada rosokan komputer bekas servisan, bisa dimanfaatkan kipasnya daripada tidak berguna.

Oke lah, langsung aja kita siapkan bahan dan peralatannya untuk membuat kreasi sendiri Kipas Angin Mini dari rosokan komputer.

Langkah-langkah Pembuatan :

1). Kumpulkan kipas menjadi satu, di sini tersedia 3 buah kipas processor AMD yang akan digunakan.


2). Klem dan sekrup kipas menjadi satu, gunakan plat tipis yang mudah ditekuk, buat lubang untuk tempat sekrup. Sekrup di kedua sisinya. Sisi ini nantinya akan menjadi bagian atas.


3). Lalu sambungkan kabel semua kipas menjadi satu, sambungkan secara paralel 2 kabel saja, warna  merah  untuk (+) dan warna  hitam  untuk (-). Kabel yang lain tidak tidak usah dipakai.

Setelah semua kipas terangkai, buat dudukan untuk bagian bawah.

4). Manfaatkan lagi bekas tutup tempat hardisk PS2 tebal. Ini akan digunakan sebagai dudukan bawah kipas. Bentuknya seperti gambar di samping.

5). Pasang dudukan bawah, posisikan di tengah dan sekrup dengan kipas yang di tengah (seperti gambar di samping). Rapikan kabel agar tidak mengganjal.

6). Bagian paling atas dipasangi dengan bekas tutup CD Rom, untuk menahan angin agar tidak terlalu menyebar. Tentunya juga lebih mempercantik Kipas Mini ini.


7). Test dulu putaran kipasnya.

Wuussshhhh ..... 
ketiga kipas berputar kencang. 


 
8). Pasangi switch on - off di depan agar kipas bisa dimatikan dan dihidupkan (seperti gambar di samping).



9). Test lagi kipas dengan switch. Kipas berputar, pemasangan switch sudah benar. 

Selesai. Kipas Mini kreasi sendiri sudah jadi.



Waktunya dipergunakan sob ,,, sudah gak gerah lagi berkat kreasi sendiri Kipas Mini dapat bermanfaat.

 
Selamat mencoba, jangan berhenti berkreasi. Semoga postingan ini berguna dan ada manfaatnya.


8 komentar: