" Selayang Kata "
Salam jumpa buat para pengunjung blog pribadi saya. Blog ini saya pergunakan sebagai sarana belajar dan berbagi pengalaman dalam segala bidang dengan Anda semuanya yang lebih pandai, lebih pintar, lebih mampu dan lebih segalanya dari saya. Segala koreksi, masukan, komentar serta kritik yang membangun sangat saya harapkan Anda berikan untuk kemajuan blog ini. Tak lupa saya ucapkan banyak terima kasih atas kunjungan Anda untuk mampir di blog yang masih banyak kekurangan ini.


Salam,
Blogger

Sabtu, 18 Desember 2010

Billing untuk Rental Komputer & Internet (Billing tanpa Server / Billing Stand Alone)

Bermula dari internetan di rumah menggunakan 1 (satu) unit komputer, ternyata banyak mengundang minat para user untuk meminjamnya. Bermodal nekat dan susah payah serta didukung tempat yang seadanya, kutambah komputer lagi menjadi 3 (tiga) unit. Akhirnya jadi deh direntalkan ke para pengguna / user.

Untuk menghitung lamanya pemakaian semula kugunakan jam dinding yang menempel di tembok sebagai hitungannya (cara tradisional). Berhubung kurang praktis dan terkadang lupa, terbersit ide untuk menggunakan billing seperti di warnet-warnet. Cuma masalahnya aku tak menggunakan server seperti di warnet-warnet. Jadi, cari-cari deh di mbah Google billing yang tanpa server atau billing yang untuk tiap-tiap komputer tanpa perlu konek ke server.

Setelah mencari-cari, ketemu satu software billing yang praktis dan simple, namanya Flexible Billing. Software Billing ini sendiri sebenarnya mempunyai 2 (dua) bagian seperti pada umumnya, yaitu Billing Server dan Billing Client. Hanya saja kita bisa menggunakannya hanya untuk Client saja meskipun tanpa Server. Cocok untuk rental komputer atau warnet yang menggunakan modem dial-up dan tidak memiliki jaringan lokal (LAN=Lokal Area Network).

Langsung saja, berikut ini screenshootnya :

Billing Server
Billing Client

Di sini saya tidak akan membahas Billing Server-nya, karena saya tidak menggunakannya (kalo mau pakai, pelajari sendiri, yah ...   hehe ...). Saya hanya mau berbagi pengalaman menggunakan Billing Client-nya. 

Untuk menggunakannya pertama-tama install software billing client di tiap komputer, lalu restart. Lakukan setting billing, untuk masuk ke menu setting, masukkan password : admin ke kotak putih lalu klik setting, hingga muncul screenshot seperti di bawah ini :

Setting Billing Client

Di sini kita bisa mengisi Nama Warnet, Nama Server, Nama Komputer Client, mengganti Password dan setting Biaya. Saya sarankan untuk mengganti password admin demi keamanan penghitungan. Lalu setting biaya per jamnya dengan rincian per 15 menitnya seperti gambar di atas. Jangan lupa untuk mencentang Startup Program agar otomatis jalan saat komputer pertama kali dinyalakan. Task Manager juga bisa di-disable melalui settingan ini untuk menghindari user menonaktifkan billing melalui task manager.

Setelah selesai pemakaian :
  • Masukkan password, klik tombol reset untuk penghitungan baru apabila ada user baru, atau
  • Masukkan password, klik tombol shutdown untuk mereset dan langsung mematikan komputer.
Catatan : *Jika mematikan komputer lewat shutdown melalui start, maka apabila komputer dihidupkan akan melanjutkan waktu pemakaian terakhir (hal ini juga berlaku apabila listrik padam, atau komputer mati mendadak). Tetapi hal ini tidak berlaku apabila komputer dipasang Deepfreeze yang diaktifkan.

Bagi yang membutuhkan, bisa download di bawah ini :
atau apabila membutuhkan salah satu saja :
Konfigurasi Billing (pdf)

Jangan lupa komentarnya .... terima kasihhhhh ....

16 komentar:

  1. Link downloadnya mati boss, tolong di update lagi.
    makasih.

    BalasHapus
  2. Death Link....Perbaharui lagi donk Bro.....

    BalasHapus
  3. yang punya blog kemana nich.. hadeeewh

    BalasHapus
  4. iya bro.. perbaiki bro....

    BalasHapus
  5. azzz udh seneng2,,,,linknya mate....

    BalasHapus
  6. download disini http://www.4shared.com/file/K4n099IB/FlexBilClient.htm

    BalasHapus
  7. pas restar ko gak ada menu setting nya knapa????

    BalasHapus
  8. cara settingnya gmana bos

    BalasHapus
  9. link uda dihapus..saya butuh link servernya.

    BalasHapus
  10. gan mau tanya, kalau hasil data dari biaya adanya dimna ??

    BalasHapus
  11. Ini bisa pak, gratis tanpa registrasi :
    http://leopark62.blogspot.co.id/2017/03/billing-warnet-tanpa-server-untuk.html

    BalasHapus