" Selayang Kata "
Salam jumpa buat para pengunjung blog pribadi saya. Blog ini saya pergunakan sebagai sarana belajar dan berbagi pengalaman dalam segala bidang dengan Anda semuanya yang lebih pandai, lebih pintar, lebih mampu dan lebih segalanya dari saya. Segala koreksi, masukan, komentar serta kritik yang membangun sangat saya harapkan Anda berikan untuk kemajuan blog ini. Tak lupa saya ucapkan banyak terima kasih atas kunjungan Anda untuk mampir di blog yang masih banyak kekurangan ini.


Salam,
Blogger

Kamis, 23 Desember 2010

Membuat PS2 Jadi Pemutar Musik dan Video

Dengan semakin pesatnya pengembangan PS2, membuat konsole game ini menjadi multi fungsi. Selain fungsi utamanya sebagai konsole game, PS2 juga bisa dijadikan sebagai pemutar musik / video dan bisa juga untuk memainkan game-game nintendo. Sebenarnya masih banyak fungsi lain dari PS2, namun kali ini saya hanya akan berbagi pengalaman saya membuat PS2 menjadi pemutar musik dan video.

Ada 2(dua) bagian yang perlu disiapkan untuk membuatnya, yaitu :
                   1.  Hardware, yang meliputi :
                        - Konsol PS2
                        - Memory Card
                   2.  Software, yang meliputi :
                        - Ulaunch
                        - Free MC Boot
                        - SMS (Simple Media System)

Langkah-langkah :
  • PS2 tentunya menggunakan disc dan optik untuk menjalankan game. Maka kita membutuhkan software Ulaunch yang berfungsi untuk booting dan instalasi aplikasi di PS2. Ulaunch bisa dibuat dalam bentuk CD atau disimpan di MC Booting. Software Ulaunch bisa didownload di sini. Extract filenya (sudah dalam bentuk .iso), lalu bakar ke CD yang akan menjadi CD Booting.
  • Masukkan CD Booting ke disc tray PS2 dan jalankan. Agar booting lebih praktis dan tidak perlu menggunakan CD Booting lagi, buat MC Booting (agar booting PS2 langsung melalui Memory Card). Tancapkan MC di slot PS, lalu copy Free MC Boot.ELF dan SMS.ELF ke Memory Card. Jalankan Free MC Boot.ELF dan instal di Memory Card. 
  • Setelah instalasi Free MC Boot berhasil atur konfigurasinya menuju SMS.ELF agar booting Memory Card secara otomatis langsung ke program SMS. Atur konfigurasi SMS, salah satunya aktifkan auto detect USB, agar otomatis mendeteksi perangkat USB. 
  • Setelah PS2 berhasil menjalankan aplikasi SMS, kini kita tinggal menyiapkan perangkat USB-nya, bisa berupa Flasdisk atau memori-memori sejenisnya maupun Hardisk External. Lalu isi dengan lagu-lagu dan film / video koleksi kalian. Untuk file musik isi dengan format .mp3 sedangkan untuk file video isi dengan format .avi. Aplikasi SMS ini juga mendukung pemasangan subtitle untuk film.
Download : (Klik pada judul gambar !!)
uLaunchELF v4.16
SMS Version 2.8 - R5
Free MCBoot 1.8b

*** Jangan lupa komentarnya ... !!!

6 komentar:

  1. bos file nya rusak semua tuh corrupt pas mau di extract

    BalasHapus
  2. thanx infonya ..., segera diperbaiki !!

    BalasHapus
  3. file sudah diperbaiki, masalahnya waktu proses upload, sekarang sudah ok ... silahkan download lagi ,...

    BalasHapus
  4. softwarenya buat ps yg mana bang?
    yg slim ato yg tebal?

    BalasHapus
  5. slim ato tebal bisa semua asal instalasi free mcboot-nya berhasil dulu ...

    BalasHapus